Judul        : Rich Man, Poor Woman Episode  : 11 Tahun    : 2012 Pemain  : Oguri Shun , Satomi Ishihara , Saki Aibu WHY I ...

[REVIEW] Jdrama Rich Man, Poor Woman

00.59 Diva Beshia 0 Comments

Judul        : Rich Man, Poor Woman
Episode    : 11
Tahun       : 2012
Pemain     : Oguri Shun, Satomi Ishihara, Saki Aibu



WHY I WATCH THIS DRAMA?

Just because I'm a fan of jdrama, jadi kayak nggak afdol aja kalo ga nonton ini. Ratingnya lumayan tinggi, walaupun aku kurang suka sama main cast-nya.



THE PLOT (8/10)



Dikisahkan Toru Hyuga (Oguri Shun) adalah jenius tamatan SMA yang mendirikan sebuah perusahaan IT bernama Next Innovation bersama sahabat karibnya, Asahina Kousuke. Kekurangan Hyuga cuma satu, dia nggak bisa mengingat nama dan wajah orang dengan baik. Dengan teknologi yang dikembangkan di Next Innovation, Hyuga berusaha mencari keberadaan ibunya, Sawaki Chihiro, yang meninggalkannya sejak kecil.
Oguri Shun as Hyuga Toru
Sedangkan Makoto Natsui (Ishihara Satomi) adalah mahasiswi tahun terakhir di Tokyo Daigaku, univ paling bergengsi di Jepang (ya kalo di Indonesia, ibaratnya kayak ITB kali ya?). Si Natsui ini orangnya pekerja keras, kuat banget belajar dan menghafal. Sayangnya, walaupun sudah berusah payah cari kerja dia selalu gagal dalam tes interview. Suatu hari, dia memutuskan untuk apply job di Next Innovation. Sialnya, hal itu justru berakhir dengan dia dipermalukan di depan umum oleh Toru Hyuga. Merasa kesal, Natsui memalsukan identitasnya. Dia mengaku sebagai Sawaki Chihiro.

Darimana Natsui tau tentang rahasia besar Hyuga? Dan apa yang bakal terjadi diantara mereka?

THE CHARACTER (9.5/10)
Toru Hyuga 
......is an asshole *LOL* seriously. Ini karakternya nyebelin banget. Suka seenak udel sama orang lain, walaupun jenius tapi sama sekali ga peka. Sayangnya, dia bukan orang yang bisa teamwork, akibatnya jadi banyak yang merasa kesel dan berakibat buruk dengan posisinya di Next Innovation.

(1) ini jahat banget sih, asli.
(2)
Pergi ke kantor pake kaos oblong, celana, sama sendal jepit. Udah gitu jarang banget pake mobil, sukanya pake motor gede kemana-mana. Sebenernya Toru ini sederhana sekali untuk orang yang sesukses dia. Yang bikin orang-orang di sekitar Hyuga kesel itu adalah sifat egoisnya. Kalo ngomong suka sembarangan. Tapi dia ini jenuis, punya segudang ide untuk mengembangkan teknologi jadi sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Akibat inovasi dan ideologinya, Hyuga seringkali ditertawakan oleh pemegang saham karena idenya seringkali membutuhkan uang yang tidak sedikit. Disinilah, perjuangan Hyuga meyakinkan mereka untuk meluncurkan start up yang dia bangun untuk program pemerintah. Bukan cuma memikirkan keuntungan, dia juga memikirkan kesejahteraan rakyat Jepang lewat penemuan IT-nya.

Ishihara Satomi as Mikoto Natsui
Natsui Mikoto 
Ingatannya luar biasa. Dia bisa hafal poin penting dari setumpuk map dalam setengah jam. Kelebihannya ini sangat membantu Hyuga yang sering lupa nama dan wajah orang pas meeting penting. Dia juga pekerja keras dan bersemangat. Biar kata sering kesel sama Hyuga yang sombong, Natsui selalu mendukung Hyuga di saat susah. Bahkan sampe nolak tawaran kerja dari perusahaan lain demi mendirikan perusahaan baru bersama Hyuga yang ditendang dari Next Innovation, padahal dia sendiri ngerasain susahnya cari kerja walaupun lulusan universitas top macam Todai (Tokyo Daigaku)

Kousuke Asahina
Kousuke ini temen seperjuangan Toru membangun Next Innovation. Dia seringkali cuma jadi pihak kedua, mengikuti alur yang dibuat Toru. Orangnya diam-diam ambisius dan pengen take over jadi leader. Ya pokoknya, kepribadiannya si Kousuke ini berbanding terbalik sama Toru. Kalo Toru lebih sering nantang, dia ini main aman. 

Yoko Asahina
Adik perempuan Kousuke yang berprofesi sebagai chef. Dia dulu di luar negri, kemudian pulang ke Jepang. This girl is going to be Mikoto's rival in love. Karena dia juga menaruh rasa suka pada Toru. 

Yosuke Asari
Ini salah satu karyawan Next Innovation yang mengidolakan Toru. Sayangnya, si Toru ini ga pernah inget siapa nama dia. Kocak banget dah, cara-cara si Yosuke ini supaya Toru inget sama nama dan mukanya. Sampe nulis namanya di kaos terus dipake ke kantor.

THE CHEMISTRY (8.5/10)

Though I'm not a fan of both Oguri Shun & Ishihara Satomi, I must admit I love their chemistry.
Oguri Shun portraying Hyuga as an arrogant yet kakkoi in this drama. Gayanya yang seenak udel itu justru yang bikin aku suka. Ishihara Satomi mah emang seringnya dapet peran-peran polos (kadang menyebalkan) jadi ya... biasa aja. Yang bikin beda cuma di drama ini dia pinter banget.
The strongest point between the main lead is how they support each other through hardship.
Ini si Hyuga nyebelin banget, asli.
Meski doyan berantem dan adu mulut, mereka saling percaya dan mendukung satu sama lain walau nggak pernah ditunjukan secara gamblang. Ada juga adegan cemburu-cemburuan cinta segi empat di drama ini, walaupun nggak terlalu ditonjolkan, cuma sebagai pemanis cerita aja.

CINEMATOGRAPHY (6/10)

Lokasi syutingnya biasa aja, but we can still see the view of Japanese countryside which is quite enjoyable. Yang aku ga suka, pengambilan gambar di drama ini suka lebay ala sinetron Indonesia yang bisa tiba-tiba nge-zoom muka pemainnya mendadak.

SOUNDTRACK (5/10)

Aduhhhh... ini suara mbak-mbak yang nyanyi di OP drama ini ala anime, melengking bahagia gitu. I'm not a fond of it at all *sorry to say* aku malah doyan denger bakcsound-nya doang hehe. I put the recommendation below :


SKINSHIP (7/10)

Jangan berharap banyak sama skinship disini, karena jumlahnya sedikiiiiiit banget. Yet, I'm not disappointed at all. Chemistry antara Hyuga dan Natsui nggak ditunjukan lewat adegan cheesy romantis, tapi lebih ke perlakuan suprotif masing-masing pribadi gitu.

(1)
(2)
Adegan yang paling aku suka waktu Natsui ngasih kode dia naksir Hyuga, dan dibalas dengan kode juga. 
(1) maksudnya Natsui ngodein Hyuga kalo dia naksir LOL
(2) dan dibales dengan sedikit sarat ancaman :)

SHOULD YOU WATCH THIS DRAMA?

I thought at first this drama would be cliche as the title. Gila ga sih, judulnya kalo di Bahasa Indonesia itu 'cowok kaya, cewek miskin' berasa judul sinteron *cringe* tapi ternyata aku salah. 

Kalo berharap nonton drama ini banyak adegan romantis ala drama, juga salah! Yang doyan  romantisme banyak skinship, mending di skip aja. Tapi kalo suka drama romantis berbumbu perjuangan, motivasi, dan persahabatan I would highly recommend this! Seperti dorama Jepang pada umumnya, dari 11 episode Rich Man, Poor Woman moral value-nya cukup banyak.

(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
Setuju banget sih sama dialog di atas. Ga banyak orang yang bisa melakukan passion-nya untuk hidup. Sebagian besar masyarakat juga nggak tau mau jadi apa, akhirnya berusaha keras masuk universitas bagus demi kehidupan yang lebih layak udah dianggap 'passion dan cita-cita'. Nonton ini tuh berasa ketampar di muka soal mimpi vs realita saat dewasa *sigh*

Either, teach you about how to behave towards others no matter how smart you are, or simply surviving di dunia kerja. Persaingan di dunia kerja itu sangat sulit, walau kualifikasi kita udah cukup.
Money is the most important, we'll do any job for it, but we won't sell our soul" - Hyuga Toru
Ya, di usia masuk dunia kerja juga semua pasti mikir duit itu yang paling penting. Tapi, kita juga ga boleh melupakan bahwa bukan hanya itu satu-satunya yang penting di dunia. This drama deliver the value really well. Karena aku suka nonton drama yang banyak pesan moralnya, so this drama is a yes for me.

Aku juga suka Oguri Shun disini (padahal dulu sempet anti banget nonton dia jadi Hanazawa Rui di Hana Yori Dango). Si Toru Hyuga ini keren banget, sumpah! Walaupun akting side cast-nya kurang banget *sigh*

Intinya, kalo emang penggemar dorama Jepang yang selalu ada 'slice of life' di baliknya, kalian pasti suka nonton ini. Aku menyarankan Rich Man, Poor Woman sebagai siraman moral value bagi yang berusia masuk dunia kerja. There are tons of things you can learn from it! 

Overall, I give 7/10 for this drama. Happy watching!

0 comments: